Apa Sih Penyebab Sperma Tidak Subur ?

Apa Sih Penyebab Sperma Tidak Subur ?

Mengapa Sperma Pria Ada  Yang Tidak Subur ?

Bagi pasangan suami istri yang tengah sulit memiliki turunan salah satu penyebabnya mungkin karena ada gangguan kesehatan antara anda. Lakukan pengecekan sedini mungkin agar anda dapat mengetahui secara lebih jelas gangguan apa yang terjadi pada anda atau pasangan anda seperti sperma yang tidak subur.

Berdasarkan penelitian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ternyata 11-15 persen pasangan sulit memiliki keturunan disebabkan oleh faktor infertilitas dari suami misalnya sperma. Sperma suami yang tidak berkualitas menjadi salah satu ‘biang keladi’ sulitnya mendapat keturunan. “Meski persentase nya kecil, namun hal ini perlu diwaspadai,” ujar  Dokter Spesialis Andrologi, Wahyuning Ramelan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.


Ramelan mengatakan, meski peran pria dalam proses reproduksi sangat kecil, namun  pria tetap harus ‘menyumbangkan’ sperma yang baik dan berkualitas supaya pembuahan berhasil.

Kriteria sperma yang baik berdasarkan ketetapan WHO yakni volume nya mencapai 2-5 CC, bentuknya harus nampak seperti cairan berwarna putih keruh atau berwarna putih mutiara dengan kekentalan biasa.

“Sperma tidak boleh terlampau encer. Dan, ciri sperma yang baik memiliki bau yang khas bukan berbau busuk,” kata Ramelan.

Sedangkan secara mikroskopis, pria yang dianggap subur idealnya harus mengeluarkan sel sperma lebih dari 40 juta. dari sekian banyak sel sperma yang keluar pun sebagian besar bentuknya ada yang tidak normal. Sperma yang baik memiliki bentuk normal 30 persen.

Gerakan sperma untuk menuju sel telur pun harus gesit dan bergerak lurus atau zig-zag. “Sperma tidak boleh menggumpal sebab bisa menghambat pergerakan nya untuk bertemu dengan sel telur.”

Ada beberapa istilah untuk nama lain kelainan pada sperma.  Pria infertilitas bisa disebabkan jumlah sperma yang dikeluarkan tidak memenuhi standar (Oligozoospermia). Ada pula jenis kelainan yang menunjukkan sperma tidak bisa bergerak dengan baik (Astenozoospermia).

Bahkan ada juga pria yang memiliki kelainan, selalu mengeluarkan cairan tapi tidak mengandung sperma (Azoospermia)  atau  bisa juga seorang pria tidak mengeluarkan cairan sperma sama sekali (Aspermia).

“Kelainan ini bisa terjadi akibat faktor genetik yang sulit dicegah. Atau, akibat faktor organik karena memiliki kelainan penis. Normalnya, ‘junior’ mengeluarkan cairan di bagian ujung. Jika tidak berarti bisa menghambat proses masuknya cairan ke dalam sel telur tidak tepat sasaran.

Namun, jangan khawatir ketidak suburan pada pria juga masih bisa dicegah. Antara lain, jangan sampai terkena penyakit menular seksual (PMS), jalani pola hidup sehat, hindari paparan medan elektrostatik, elektromagnetik, hindari rokok, dan konsumsi suplemen.

“Ponsel sebaiknya jangan diletakkan di saku celana. Meski mengandung gelombang elektromagnetik dan elektrostatik yang sangat kecil namun bisa berpengaruh pada jumlah produksi sperma dan kualitasnya. Jangan terlampau lama berada di depan computer. Sesekali tinggalkan meja kerja minimal satu jam. Dan banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan C,” katanya.

Hindari Panas pada Testis

Menjaga agar testis tetap sejuk juga adalah penting untuk kesuburan pria. Penelitian menemukan bahwa saat testis mencapai suhu 98 derajat Farhenheit (36.67 °C), produksi sperma berhenti. Pada suhu panas ini, motilitas dan morfologi sperma menurun/rusak. “Suhu normal buah zakar adalah 34 derajat celcius, bila terjadi kenaikan suhu sedikit saja, sekitar 36-38 derajat celcius, dan keadaan ini terjadi selama berjam-jam, dapat menyebabkan ‘varicocele’ yang merupakan penyebab ketidaksuburan pada pria.

Menurut Prof. Dr.Ismail Tambi dari Universitas Kebangsaan-Kuala Lumpur, sebanyak 15% pasangan suami istri mengalami masalah infertilitas, dan 30-50%-nya disebabkan oleh laki-laki yang tidak subur. Prof. Tambi mengungkapkan bahwa kasus infertilitas pria paling banyak disebabkan oleh faktor varicocele (47,2%).

Faktor apa saja yang menyebabkan kondisi panas pada testis?
  1. Mandi rendam air panas, sauna (air panas menurunkan produksi sperma hanya dalam 30 menit)
  2. Sakit demam (menurunkan produksi sperma sebesar 35%)
  3. Pemakaian laptop di pangkuan
  4. Celana dalam atau jeans ketat
  5. Mesin kendaraan (biasanya pada moge/motor yang dimodifikasi) yang terlalu dekat dengan tempat duduk.
Untuk mengatasi berbagai keluhan yang anda alami seperti sulitnya mendapatkan turunan kami disini menyarankan anda untuk mencoba pengobatan menggunakan Vig Power Capsule obat herbal yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah pada pria yang sulit untuk mendapatkan turunan seperti masalah sperma tidak subur kemudian bisa juga untuk mengatasi ejakulasi dini, disfungsi ereksi, dan lain nya. Seperti apa Vig Power Capsule ? klik disini

Vig Power Capsule Obat Herbal Produk Green World Yang Berkhasiat Untuk Mengatasi Kesuburan Pria


Judul Apa Sih Penyebab Sperma Tidak Subur ?
Deskripsi Apa Sih Penyebab Sperma Tidak Subur ? Mengapa Sperma Pria Ada  Yang Tidak Subur ? Bagi pasangan suami istri yang tengah sulit memiliki ...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara
Share on Google Plus

About Nita Robi'ah Solihah

Semua Penyakit Pasti Ada Obat nya Jika Kita Selalu Berusaha dan Berdo'a
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

RAHASIA Kulit Cantik Dari Dalam Klik Disini !!!